Rabu, 22 Agustus 2012

Candi Prambanan ( candi cantik )


Candi yang terletak tidak jauh dari kota jogja ini merupakan tempat wisata yang wajib di kunjungi setiap wisatawan, candi hindu ini mempunyai banyak panorama indah di setiap bentuk candi nya, walaupun tidak dikelilingi gunung seperti candi borobudur, udara di sekitar candi prambanan tidak begitu panas. Prambanan juga merupakan salah satu kawasan candi terluas di pulau jawa selain borobudur tentunya. Di kawasan ini bukan hanya candi prambanan saja yang dapat kita nikmati, ada 3 candi lagi yang terdapat di kawasan candi Prambanan yaitu Candi Lumbung, Candi sewu, dan  candi Bubrah. ke 4 candi ini terdapat dalam satu wilayah, jadi ketika kita berwisata ke candi Prambanan jangan lupa singgah ke candi Lumbung, candi sewu dan candi Bubrah juga.



 
Seperti pada umumnya kawasan wisata selalu ada ucapan selamat datang dan denah petunjuk dimana letak bangunan yang terdapat di tempat itu. seperti di prambanan, di sebutkan Taman wisata Prambanan, Karena di tempat itu bukan hanya terdapat Prambanan saja namun ada 3 candi lainnya yaitu candi Sewu, Candi Babrah, Candi Lumbung.


Candi Prambana yang memiliki 1 candi utama dan di kelilingi oleh 5 - 6 candi yang lebih kecil ukurannya. karena letak bangunannya yang unik membuat candi prambanan menjadi candi yang cantik dan yang eksotis.


Reruntuhan bebatuan candi yang terdapat di sekitar Kawasan candi Prambanan menjadikan pemandangan yang membuat candi prambanan semakin indah dan cantik.



Candi Angsa, salah satu candi yang terdapat di kawasan candi Prambanan, salah satu candi yang mengelilingi candi Shiva, Candi yang terbesar yang terdapat di tengah candi-candi lainnya di kawasan candi Prambanan.



Candi Shiva ( Di papan dawah candi ditulis Siwa ) Candi yang terbesar yang terdapat di Kawasan Prambanan. Candi Shiva ini di kelilingi beberapa candi di antaranya Candi Angsa, Candi Apit, Candi Kelir, Candi Brahma, Candi Wishnu, candi Garuda



Candi Garuda, salah satu candi yang mengelilingi candi shiva tingginya hampir sama dengan candi-candi yang mengelilingi candi Shiva.





Candi Brahma termasuk salah satu candi yang mengelilingi candi shiva yang terdapat di areal taman candi Prambanan.



Candi Vishnu ( di papan dibawah candi di tulis wisnu ) sama seperti candi Brahma, Candi Vishnu juga salah satu candi yang mengelilingi candi Shiva.


Candi Kelir, Candi terkecil di antara candi yang mengelilingi candi shiva ini terdapat di bagian Barat dan timur , dari candi Shiva.


Candi Apit. Salah satu candi yang mengelilingi candi Shiva, ukuran candi ini lebih kecil diantara candi angsa, candi brahma, candi vishnu, candi garuda, dan candi shiva tentunya, namun lebih besar dari candi kelir.


Beberapa candi itu membuat candi Shiva yang dikelilinginya menjadi tampak indah , kesatuan bangunan itu tampak teratur dan cantik. Candi Prambanan terlihat cantik karena ada perpaduan anatara candi satu dengan candi yang lainnya.


Masih Terdapat Di Kawasan Taman Candi Prambanan, Terdapat Juga situs Candi Lumbung namun ukurannya lebih kecil Dari Prambanan. 


 sewaktu Saya ketempat ini (Candi Lumbung) sekitar bulan Maret 2012, bangunan candi ini sedang di pugar atau di perbaiki, banyak kerusakan akibat gempa jogja beberapa waktu lalu.



reruntuhan Candi Lumbung yang berusaha di jadikan bangunan utuh candi oleh para pengelola, saat saya berada disana bukan hanyak tukang bangunan saja namun saya bertemu dengan arsitek yang sedang mengawasi pemugaran atau perbaiki candi Lumbung Tersebut.


Salah Satu Patung atau Pahatan berbentuk Pria yang terdapat di reruntuhan Candi Lumbung. Masih asli di saat pertama kali ditemukan candi Lumbung ini.


Titik pusat Candi Lumbung terdapat ditengah, Seperti pada candi Prambanan Titik pusat Candi ini pun terdapat ditengah dan di kelilingi oleh beberapa candi kecil.



Masih Terdapat di kawasan taman candi Prambanan, Candi Bubrah, Candi Yang tidak jauh letaknya dari Candi Lumbung ini Mengalami Kerusakan Yang sangat parah. 


Candi Bubrah Juga menjadi Salah satu candi di kawasan Taman candi Prambanan, Bentuknya Lebih kecil dari Candi Prambanan ini terletak tidak jauh dari candi Lumbung dan Candi Sewu.



Saat saya tiba di saat di bulan maret 2012, Candi Bubrah sangat parah keadaannya, hanya terlihat puing-puing candi yang berserakan dan tengahnya hanya di tutupi terpal, terlihat beberpa pekerja baru akan memulai pemugaran candi Bubrah ini. Karena candi Bubrah ini Rusak Parah jadi tidak bisa di nikmati seperti candi yang terdapat di kawasan Taman Prambanan ini.



Masih di kawasan Taman Candi Prambanan, terdapat Candi sewu yang besarnya tidak terlalu besar dari Candi Prambanan namun Luasnya melebihi Luas candi Prambanan. Candi ini terletak di paling Utara, Kawasan Taman Candi Prambanan.


Candi Sewu atau candi Seribu dalam bahasa indonesia nya Bukan karena ada 1000 candi di dalamnya, seperti pada umunya candi hindu, ada 1 titik pusat candi dan di kelilingi oleh beberapa candi kecil, di Candi sewu ini banyak candi-candi kecil namun beberapa rusak.


Pintu Masuk candi Sewu Terdapat di bagian Barat dan Timur Candi tersebut, Di pintu Masuknya terdapat dua patung penjaga yang besar atau tingginya sekitar 2 sampai 3 Meter.

Salah Satu bangunan candi yang mengeliling candi sewu yang masih utuh bangunannya walaupun tidak 100% utuh.


Beberapa Pekerja sedang Merenovasi candi kecil yang terdapat di sekeliling candi utama di Candi sewu, mereka menggali tanah untuk memperkuat bangunan agar tidak mudah runtuh.



Di Reklame ini kita dapat membaca sekilas tentang candi Prambanan.


Kawasan Taman Candi Prambanan memang terkena dampak yang begitu besar dari Gempa Jogja beberapa waktu lalu, Hal ini yang membuat beberpa bagian Candi menjadi rusak atau runtuh kembali. Jika ingin mengelilingi kawasan candi Prambana kita bisa berjalan kaki, Selain itu ada juga penyewa Sepeda, Kereta Uap, dan beberap fasilitas yang di berikan pengolola taman Candi Prambanan ini. Jangan lupa juga jika berkunjung ke Prambanan belum lengkap rasanya jika tidak ke kawasan "Ratu Boko" Karena masih ada hubungannya Kawasan "Ratu Boko" dengan Candi yang terdpaat di taman Candi Prambanan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;